7 Kriteria penting dalam memilih pekerjaan yang tepat

Masih nganggur ? Mau kerja tapi bingung kemana ? Simak disini aja .

Suatu hal yang terakadang sulit untuk dilakukan oleh anak muda bahkan orang tua sekalipun adalah memilih pekerjaan , bagaimana tidak ? Saya kasih contoh :
Bedakan antara

  • bekerja ditempat "A" dengan pekerjaan yang selalu ditekan dan dikejar waktu tapi memiliki gaji yang diatas rata rata . 
  • Bekerja ditempat "B" dengan gaji yang biasa saja tapi pekerjaannya relatif ringan . Atau
  • Bekerja di tempat "C" dengan gaji tinggi dan pekerjaan yang relatif mudah , tapi tempat kerjanya jauh ataupun sulit dilalui dengan persyaratan masuk yang sulit pula .
Baca juga Investasi menjanjikan dengan modal kecil

Bagaimana ? Apa yang anda pilih jika menemui pertanyaan diatas ?
Ada yang memilih bekerja
di tempat "A" karena gajinya , "B" karena pekerjaannya yang mudah , ataupun "C" dengan gaji tinggi dan pekerjaan yang mudah ,kalau saya pribadi lebih baik dirahasiakan aja jawabanya , haha

Karena itulah dalam artikel kali ini akan membahas mengenai  

7 Kriteria penting dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat maupun gaji , langsung aja


1.     Minat / Bakat

Gambar didapat dari Sini gan
Utamakan memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat ataupun bakat yang anda miliki , tujuannya ialah agar anda merasa nyaman dengan pekerjaan yang anda geluti .
Bukan hanya itu saja melainkan untuk memiliki sebuah pekerjaan dibutuhkan skill / kemampuan agar dapat menunjang kualitas karir anda nantinya .



2.     Stabilitas pekerjaan

Memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat memang sangatlah penting , namun harus juga ditunjang stabilitas yang baik .
Enggak mau kan nantinya kena PHK masal seperti yang telah terjadi pada perusahaan ***** .
Mempelajari pasar kerja sangatlah penting untuk memperoleh pekerjaan yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang .

Baca juga Usaha rumahan dengan modal kecil untung besar


3.     Reputasi perusahaan

Satu hal yang perlu anda ketahui bahwa dengan bekerja di suatu perusahaan ternama dapat
Membantu anda memiliki pengalaman serta kebanggaan tersendiri , selain itu juga dapat membantu anda dalam mengisi CV anda ketika ingin melanjutkan ke jenjang karir yang lebih tinggi .



4.     Sadar diri

Jangan hanya mementingkan posisi yang tinggi , sesuaikan juga dengan kemampuan yang anda miliki . Menganalisa kemampuan dan kekurangan dengan membuat daftar keunggulan dan kelemahan diri akan memberikan gambaran mengenai posisi yang tepat bagi anda nantinya .

Life hack , hidup mudah ala orang malas


5.     Suasana di tempat kerja

Hal ini juga termasuk penting dalam karir anda kedepannya , bagaimana anda bisa bekerja jika selalu dipenuhi dengan tekanan dari atasan ataupun rekan yang tidak bisa diajak bekerja sama .
Suasana yang menyenangkan serta dikelilingi oleh rekan yang friendly tentunya akan semakin membuat anda betah dalam melakoni pekerjaan .




6.     Lokasi perusahaan

Carilah pekerjaan yang letaknya dekat dengan berbagai macam fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan , terminal , dan yang lain .
Selain lokasi yang strategis usahakan juga pekerjan yang anda pilih letaknya dekat dengan tempat tinggal anda , dengan jarak yang dekat anda tidak perlu mengeluarkan biaya extra untuk transportasi , selain itu dengan memiliki pekerjaan yang dekat dengan tempat tinggal anda juga dapat meminimalisir waktu serta energi yang anda miliki untuk pergi ke tempat kerja tiap harinya .




7.     Gaji

Kenapa saya meletakkan gaji dibagian akhir ? Mungkin sebagian orang berfikir bahwa dengan memiliki gaji yang tinggi adalah prioritas utama , namun itulah letak kesalahan mereka  terkadang hanya melihat kearah gaji tanpa menghiraukan 6 hal yang sudah dibahas diatas . Memiliki gaji yang tinggi mungkin memang tujuan bagi setiap karyawan tapi percayalah jika anda bekerja dengan giat dan baik , gaji yang anda miliki sedikut demi sedikit akan naik dan bahkan anda akan dipromosikan ke posisi yang lebih layak .


Baca juga Kerajinan tangan unik dan bisa dijual


Terimakasih telah berkunjung , silahkan tinggalkan komentar dan subscribe jika berkenan .

0 komentar