5 Langkah tepat untuk memulai usaha agar sukses

Sebagian pengusaha pemula tentunya berpikir bahwa dalam memulai bisnis yang paling utama ialah modal , tentunya hal tersebut tidak bisa disalahkan namun jika anda jeli dalam melihat peluang dan membaca informasi dari berbagai sumber berita sebenarnya dalam memulai bisnis bukalah hanya tentang modal namun waktu dan Kreativitas juga sangatlah penting .



Memulai sebuah bisnis memang tidak semudah menjadi pegawai kantoran yang tentunya akan mendapat gaji rutin tiap bulan , namun disitulah letak tantangannya kita dituntut untuk berpikir Kreatif dan tentunya sebagian besar waktu yang kita miliki akan terfokus pada bisnis yang kita buat .

Sekarang pertannyaannya ialah bisnis apa yang bisa dimulai dengan modal kecil ? Dan bagaimana cara memulainya ? Tenang saja semua itu akan saya bahas disini , dan jika setelah anda membaca artikel ini dalam benak anda masih terdapat pertanyaan yang ingin diajukan , silahkan tulis dikomentar atau hubungi adminnya langsung .

Oke langsung aja


1.     Temukan ide usaha yang sesuai dengan minat anda

Gambar didapat dari Sini gan Dalam memulai sebuah usaha tentunya hal yang sering tersirat dibenak kita ialah  "usaha apa yang akan saya buat ?" Disini Kreativitas dalam berfikir tentunya yang paling utama .
Mengapa harus sesuai dengan minat ? Sederhananya seperti ini

Misalkan usaha yang akan anda buat ialah sebuah warung makan , tetapi anda sendiri bahkan tidak tahu bagaimana cara memulainya ?  apa yang akan di sajikan disana ? Atau anda bahkan tidak tahu cara memasak ? Tentunya impian membuka sebuah restoran hanya akan menjadi kenangan manis saja .

Baca juga Investasi menjanjikan dengan modal kecil

Mungkin bisa terwujud jika anda mau mempekerjakan koki yang handal ataupun pelayan yang sudah berpengalaman , namun tetap saja nantinya anda akan kesulitan dalam mengelola restoran tersebut dan tentunya harus memulai dengan modal awal yang tidak sedikit pula .

Bagi yang baru pertama kali dalam memulai sebuah usaha , modal tentunya akan menjadi aspek penting apalagi jika yang dikeluarkan dalam jumlah besar .

Karena itu sangatlah penting untuk membuka usaha yang sesuai dengan passion yang anda miliki .


2.     Belajar dari sang ahli

Sudah memiliki gambaran usaha apa yang akan anda buat nantinya ? Tapi masih bingung mau mulai dari mana ?  Jika masalahnya seperti diatas yang perlu dilakukan ialah belajar pada ahlinya .

Jangan ragu untuk bertanya kepada seorang yang lebih dulu berkecimbung didunia bisnis yang sedang anda geluti , jika bernasib baik tentunya mereka dengan senang hati akan memberi tahu rahasia mereka dan bahkan jika beruntung mereka akan menjadikan anda sebagai partner bukan saingan .

Baca juga Kerajinan tangan unik yang bisa dijual

Namun jika yang anda kehendaki ialah memulai usaha sendiri maka yang perlu dilakukan ialah meniru apa yang telah mereka ajarkan , dan jangan lupa untuk membeeikan kelebihan tersendiri bagi bisnis yang anda miliki , mungkin dengan slogan , ataupun hal hal baru lainnya .


3.     Persiapkan modal

Mungkin yang pertama terlintas dibenak anda dalam memulai sebuah usaha ialah modal , tentu modal menjadi hal penting dalam memulai sebuah usaha tapi anda bisa saja meminimalisir pengeluaran modal dengan memulainya dari bawah bukan langsung memulai dengan suatu yang besar seperti membuka sebuah hotel , anda bisa saja memulainya dengan sebuah tempat kos ataupun menyewakan beberapa kamar dirumah anda untuk memulai impian membuka sebuah hotel tersebut . Namun bagi yang mempunyai modal yang cukup apalagi berlebih hal ini tentu bukan hal yang sulit bagi anda , yang perlu diingat ialah bah wa sesuatu yang besar selalu terlahir dari sesuatu yang kecil , contoh sederhananya ialah BILL GATES sebagai salah satu orang terkaya didunia pun memulai usaha dari bawah juga , jadi tidak perlu ragu jika modal yang anda miliki masih sedikit .



4.     Jangan takut mencoba

Mungkin bagi yang baru pertama memasuki dunia bisnis kendalanya ialah kegagalan , ini sering kali menghantui para pemula dalam memulai dunia yang akan mereka geluti nantinya .

Jika baru pertama kali mencoba tapi sudah mengalami kegagalan tentunya hal tersebut bisa dibilang wajar namun sedikit dari mereka yang mau mencobanya kembali , kemungkinan kegagalan berikutnya tentu masih ada namun anda bisa belajar dari kegagalan yang telah terjadi ,

  •  mengapa hal itu bisa terjadi ? 
  • Bagaimana mengatasinya ?
  • Meminimalisir kemungkinan kegagalan berikutnya 
  • Mencobanya kembali
Baca juga Usaha rumahan dengan modal kecil untung besar


5.     Promosi

Nah , jika usaha telah berjalan jangan lupa untuk segera mempromosikannya . Promosi itu penting dengan tujuan agar pelanggan tahu tentang produk yang anda jual jangan lupa paparkan juga kelebihan didalam promosi yang anda buat .
Manfaatkan media social yang anda miliki entah itu dari facebook instagram path bbm ataupun dari mulut kemulut melalui tetangga namun jika mempunyai dana extra tidak ada salahnya untuk memasang iklan di televisi radio maupun blog / website yang membahas mengenai bisnis . 




Namun sehebat apapun anda dalam memulai sebuah bisnis tentunya ketekunanlah yang menjadi kunci .

Berikut daftar hal yang harus anda lakukan jika ingin bisnis yang anda mulai jadi besar


  • Luangkan waktu 
Banyak yang bilang bahwa "time is money " namun diantara pengusaha yang baru merintis karir hanya sedikit yang benar benar fokus dalam usaha mereka , alhasil banyak diantara mereka yang menglami kegagalan di awal main .

  • Hindari perang harga 
Mungkin harga memanglah menjadi salah satu faktor penentu banyaknya pembeli yang akan melirik ke produk yang kita jual . Namun kualitaslah yang akan berbicara pada akhirnya , awalnya mungkin mereka berpikir bahwa produk yang anda jual mahal dan tidak layak untuk dibeli , tapi jika ada salah satu pembeli yang puas dengan apa yang anda jual tentunya ia dengan senang hati akan merekomendasikan produk anda nantinya , hal ini akan menjadi nilai tersendiri bagi pelanggan anda nantinya .

  • Bekerja keras
Apapun usaha yang anda buat nantinya tidak akan pernah memperoleh yang namanya keberhasilan tanpa usaha yang memadai  Itulah sebabnya jika baru memulai karir kerja keraslah kuncinya  .

  • Rekrut karyawan yang tepat
Disaat usaha yang anda bangun dirasa telah membaik , sebaiknya mulailah merekrut orang yang dapat dipercaya. Namun terkadang ada beberapa pengusaha yang merasa bahwa mereka bisa menjalankan usaha mereka sendiri tapi mereka salah , karena mereka akan kehilangan banyak waktu serta akan selalu dihantui oleh usaha tersebut .

  • Unik
Sebisa mungkin buatlah usaha yang akan dijalankan nantinya memiliki kelebihan dibanding kompetitor , kenapa ? Karena banyak diantara kompetitor yang hanya meniru produk yang lebih dulu memiliki nama besar . Meniru memang tidaklah salah namun alangkah baiknya usaha yang anda jalankan nantinya memiliki kelebihan tersendiri .

0 komentar