Cara mengusir tikus di rumah dan di sawah paling ampuh

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tikus merupakan salah satu jenis hama yang sangat merepotkan bahkan populasi tikus sendiri terbilang sangat besar . Dan saya yakin bahwa setidaknya ada 5 ekor tikus yang saat ini berkeliaran di rumah anda .

Tidak percaya ? Buktikan saja sendiri dengan menelusuri setiap inchi di rumah , umumnya tikus banyak ditemukan di tempat gelap dan kotor seperti got , pipa pembuangan , sawah dan untuk di rumah sendiri biasanya tikus suka bersembunyi di loteng , dapur ataupun bahkan kamar yang tidak pernah dibersihkan biasanya akan menjadi sarang bagi tikus dan kecoa .
Ketika tikus sudah memasuki kawasan rumah tentu akan sangat merepotkan bagi si pemilik dikarenakan tikus merupakan hewan kotor dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit , Sering juga kita mendapati beberapa barang di rumah tiba tiba rusak dan berlubang yang disebabkan oleh gigitan tikus .

Namun untuk menjaga rumah supaya terhindar dari tikus ini cukup sederhana yaitu dengan menjaga kebersihan dan jangan sampai ada ruang gelap nan kotor di rumah anda sebab itu akan menjadi sarang bagi tikus nantinya .

Hewan mamalia bertubuh mungil ini juga dikenal cerdik dan lincah oleh karen itu perlu cara yang  cerdik juga agar dapat menangkapnya .

Untuk pembahasan kali ini saya akan membaginya menjadi 2 topik utama yaitu :

A. Cara Mengusir tikus di rumah B. Cara Mengusir tikus di sawah

Oke langsung saja kita masuk pada pembahasan yang pertama yaitu tentang :

A. Cara Mengusir tikus di rumah
Rumah merupakan tempat paling nyaman untuk beristirahat dikala rasa penat sudah datang namun apa jadinya jika rumah impian anda dipenuhi oleh tikus tikus yang bersarang disekitar loteng , dapur , ataupun bahkan kamar anda sendiri .

Tentunya dengan kedatangan tikus di rumah dapat mengganggu kenyamanan anda bukan ? Jika anda ingin agar rumah terbebas dari serangan tikus mungkin anda bisa menerapkan salah satu cara mengusir tikus di rumah dan di sawah paling ampuh dibawah ini .

berikut ialah beberapa cara mengusir tikus di rumah :


○ Memelihara Kucing


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kucing merupakan musuh alami bagi tikus , dengan memelihara kucing di rumah itu artinya anda memperoleh dua keuntungan sekaligus yaitu hewan peliharaan yang lucu dan sebagai musuh alami untuk menangkap dan mengusir tikus .

Tidak perlu untuk memelihara jenis kucing tertentu agar dapat menangkap tikus ,  cukup yang namanya 'kucing' saja tidak perduli dari ras manapun mereka akan dengan senang hati menangkap tikus tikus di rumah anda .

Namun meskipun begitu cara ini tidak terlalu direkomendasikan karena untuk kucing rumahan sendiri biasanya mereka akan mengabaikan ketika ada tikus dan tidak mau mengejarnya , berbeda lagi jika kucing yang anda pelihara merupakan jenis kucing liar , kucing liar akan senantiasa selalu mengejar tikus untuk dapat menangkap dan memakannya .

Selain itu juga sebagaimana yang kita tahu bahwa tikus merupakan hewan kotor dan pembawa berbagai macam penyakit dan apabila kucing kita memakan tikus itu artinya kucing tersebut telah memakan sumber penyakit bagi dirinya sendiri .


○Memelihara jangkrik


Jangkrik juga bisa dijadikan alternatif untuk mengusir tikus dirumah , selain karena ukurannya yang kecil jangkrik juga mudah untuk ditemukan disekitar sawah  dan tempat sunyi lain .

Walaupun bertubuh mungil akan tetapi jangkrik memiliki suara yang cukup nyaring dan apabila didengar tikus maka tikus tersebut akan merasa terganggu yang berakibat pada perginya para tikus dari rumah anda .

Selain untuk mengusir tikus biasanya jangkrik juga dijadikan mainan bagi anak anak entah itu untuk di adu ataupun dijadikan umpan untuk menangkap ikan dan bisa juga dijadikan sebagai pakan burung .


○ Cengkeh


Tahukah kamu bahwa selain sebagai bumbu dapur ternyata cengkeh juga bisa dijadikan alat yang cukup efektif untuk mengusir tikus yakni dengan baunya .

Bau yang dihasilkan dari cengkeh ini cukup ampuh untuk mengusir tikus di rumah anda yakni dengan cara mengoleskan bubuk cengkeh pada area yang biasa dilewati tikus.

Atau untuk lebih mudahnya anda juga bisa memilih untuk membeli minyak cengkeh di toko terdekat lalu rendamlah kapas pada minyak cengkeh yang baru saja dibeli tadi dan meletakkannya pada setiap sudut rumah .



○ Kapur Barus


Bahan yang umumnya digunakan sebagai pengharum ruangan khususnya pada tempat untuk menyimpan pakaian ini ternyata bisa juga dijadikan sebagai bahan untuk mengusir tikus yang cukup ampuh .

Pada dasarnya memakai kapur barus dan cengkeh sebagai alat pengusir tikus sama saja yaitu mengandalkan bau , aroma yang dihasilkan oleh kapur barus ini memang wangi jika kita manusia yang menciumnya akan tetapi jika para tikus yang mencium maka akan berbeda lagi ceritanya .

Pada umumnya tikus ataupun kecoa sangat tidak menyukai aroma dari kapur barus ini bahkan apabila terlalu sering mencium bau dari kapur baru tikus dapat mati karenanya .

Cara menggunakannya sebagai pengusir tikus pun cukup sederhana yaitu dengan mencoret coretkannnya pada sekitar area yang biasa dilewati tikus .

Namun jika memang anda ingin menggunakan alat ini sebaiknya berhati hati karena di dalam kapur barus terdapat zat kimia beracun yang apabila menyentuhna akan menimbulkan bahaya bagi kita .


○ Kulit Durian



Pernah makan durian ? Bagaimana rasanya ? Pasti lezat bukan , hampir semua orang yang memakan buah durian pasti terlena oleh kenikmatan yang dirasakan tanpa berpikir tentang manfaatnya . Memang yang akan kita gunakan untuk mengusir tikus kali ini bukanlah buahnya melainkan kulit dari durian itu sendiri .

Seringkali orang merasa takut ketika melihat buah durian dikarenakan kulitnya yang terdiri dari banyak duri tajam , bau yang dihasilkan dari kulit durian itu sendiri tidak disukai tikus bahkan bisa membuatnya mati jika terlalu lama mencium bau durian .

Untuk menggunakannya cukup makan buah durian sampai habis lalu potong kulitnya menjadi beberapa bagian dan letakkan kulit itu pada tempat yang biasa dilalui tikus ataupun bahkan di sarangnya langsung.


Lem Tikus


Cara ini terbukti lebih ampuh dibandingkan cara yang telah saya sebutkan diatas , banyak jenis lem tikus yang bisa anda dapatkan di toko toko sekitar rumah anda Namun meskipun telah terperangkap biasanya tikus masih dapat melarikan diri .

Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan menyediakan alas , bisa berupa triplek atau kayu jenis lain kemudian oleskan lem tikus pada papan tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil maksimal tambahkan serta makanan yang biasa disukai tikus , langkah terakhir yaitu meletakkan lem tikus di tempat tempat yang biasa dilalui tikus untuk sekedar berjalan jalan atau mencari sesuap nasi , haha .


○ Baking Soda


Tahukah kamu bahwa tikus merupakan salah satu jenis hewan yang tidak bisa bersendawa ataupun muntah ? Guna memanfaatkan hal tersebut anda bisa menggunakan baking soda untuk membunuh tikus secara perlahan .

Untuk memancing tikus memakan baking soda ini mungkin anda bisa menambahkan baking soda ke makanan yang disukai tikus seperti ikan teri lalu menaruhnya di tempat tempat yang biasa dilalui tikus seperti loteng , pipa pembuangan , atap dan lain sebagainya .

Didalam baking soda terdapat kandungan gas yang cukup tinggi , dan apabila tikus tersebut memakannya maka di salam perut tikus akan terdapat gas yang lama kelamaan dapat menyebabkan tikus mati karena tidak di keluarkan .


Menggunakan jebakan tikus


Jika ingin alat untuk menangkap sekaligus membunuh tikus maka jebakan lah jawabannya , jika tikus berhasil masuk dalam jebakan yang anda pasang maka niscahya nyawa tikus akan langsung melayang tanpa sisa .

Cara ini cukup efektif bila digunakan karena selain cepat juga tidak perlu menunggu lama untuk menunggu tikus mati .

Dalam penggunaannya juga mirip seperti cara yang telah di jelaskan diatas yaitu dengan menaruh makanan seperti ikan asin dan beberapa makanan yang disukai tikus lain kedalan jebakan lalu menaruhnya di tempat yang biasa dilalui tikus .





Alat Ultrasonik 


Mungkin terbilang baru tapi cara ini cukup ampuh dalam mengusir tikus di rumah , cukup dengan membelinya di toko dan ikuti petunjuk didalamnya anda audah memiliki alat untuk mengusir tikus ini .

Cara kerjanya yaitu dengan mengeluarkan gelombang ultrasonik berkekuatan 20kHz , jangan khawatir karena gelombang ini tidak bisa didengar manusia melainkan hanya dapat didengar oleh tikus dan beberapa Jenis hewan lain .

Kelemahan dari alat ini yaitu jika terlalu lama mendengar gelombang dari alat ini maka tikus akan terbiasa dan bisa menjadi kebal , karena itulah usahakan jangan terlalu sering menggunakan alat ini untuk menangkap tikus .


Menggunakan Daun Mint


Aroma dari daun mint memang sangat disukai oleh kita para manusia akan tetapi lain halnya dengan tikus , tikus akan cenderung menghindari sesuatu yang berbau mint .

Cara mengusir tikus menggunakan daun mint sebenarnya cukup mudah yaitu dengan mengambil sebanyak 2 - 3 ikat daun mint lalu mengekstrak sari yang terkandung didalamnya , setelah itu masukkan sari yang telah di ekstrak tersebut ke dalam botol berisi air .

Setelah itu semprotkan cairan tersebut ke area yang biasa didatangi tikus , cara ini akan lebih efektif jika anda mau menanam beberapa pohon mint disekitar rumah selain agar tidak ada tikus bersarang dirumah juga agar udara disekitar rumah lebih segar dengan aromanya .


Sekian dulu tentang cara mengusir tikus dirumah , lanjut ke pembahasan ke 2 yaitu

B. Cara Mengusir tikus di sawah

Gagal panen ialah hal yang menakutkan bagi para petani , salah satu penyebab dari kegagalan panen tersebut ialah adanya hama tikus bahkan tak jarang juga petani yang memperoleh kerugian dikarenakan hama tikus yang merajalela .

Berikut ialah beberapa cara mengusir tikus disawah :

Sanitasi habitat tikus


Bagi yang belum tahu sanitasi ialah kegiatan pembersihan lingkungan , untuk membersihkan kawasan sawah supaya terbebas dari hama tikus bisa dilakukan dengan cara membersihkan semak semak , gulma , ataupun rerumputan yang biasa bertebaran di sawah .

Tujuan dilakukannya sanitasi ini tidak lain ialah supaya tikus tidak lagi bersarang disekitar sawah yang berakibat pada meningkatnya daya tanam dan tentu saja akan meningkatkan hasil panen bagi petani .


Tanaman Berduri


Suka salak ? Ternyata bukan hanya buahnya saja yang banyak disukai masyarakat tapi pelepah pohon salak juga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengusir tikus .

Cara nya ialah dengan meletakkan potongan pelepah salak ke tempat tempat yang biasa dilalui tikus , ketika tikus menginjaknya maka tikus akan terluka dan dapat mengakibatkan tikus mati .

Tapi dalam menggunakan cara ini anda harus berhati hati jangan sampai anda sendiri yang terkena jebakan tikus ini , karena walau bagaimanapun yang namanya duri jika diinjak pasti akan terasa sakit .


Perburuan masal


Biasanya perburuan masal ini dilakukan pada awal masa tanam yang melibatkan banyak pihak didalamnya , perburuan ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan anjing , penjeratan , penggalian sarang dan lain sebagainya .

Dan apabila perburuan ini dilakukan biasanya akan ada banyak orang yang akan menontonnya karena mereka menganggap hal ini sebagai sesuatu yang menarik .

Cara ini terbilang sangat efektif karena melibatkan banyak orang sebagai pemburu dan tentu saja hasil buuan berupa tikus nya akan jauh lebih banyak dibandingkan hanya melakukannya seorang diri .


Menggunakan burung hantu


Hewan satu ini terbukti handal dalam menangkap tikus disawah , terbukti dari banyaknya sarang burung hantu yang didirikan oleh petani di sekitar area per sawah an mereka .

Burung hantu merupakan hewan nokturnal yang aktif pada malam hari jadi pada siang hari biasanya mereka akan lebih memilih untuk tidur daripada kelayapan .

Jika didaerah anda terdapat banyak hewan jenis ini sebaiknya kalian tidak menggangu wilayahnya karena secara tidak langsung burung hantu juga menvantu anda dalam mengusir / mengendalikan hama tikus .




Singkong


Pernahkah terlintas dibenak anda untuk menggunakan singkong sebagai alat untuk mengusir tikus ?
Mungkin memang terdengar tidak masuk akal akan tetapi cara ini terbilang cukup ampuh .

Langkahnya juga cukup sederhana jika anda mau mencoba yaitu dengan cara mengupas singkong lalu memarutnya sampai kecil, setelah itu masukkan parutan kelapa tadi kedalam air kelapa hijau langkah terakhir ialah memasaknya , namun sebaiknya api yang digunakan jangan terlalu besar .

Setelah semua selesai kini anda tinggal menaruh masakan tadi kedalam lubang tempat tinggal tikus atau ke tempat tempat yang biasa dilalui tikus .


Sekian dulu pembahasan mengenai cara mengusir tikus di rumah dan disawah paling ampuh .


Terimakasih telah berkunjung Saya harap anda menikmati artikel diatas Jika ada pertanyaan ataupun keluhan yang ingin disampaikan bisa di tulis melalui kolom komentar . Terimakasih

0 komentar