Ide usaha sampingan modal kecil untung besar

Ada banyak jenis ide usaha sampingan yang sebenarnya bisa ditekuni jika ingin mempertebal dompet , namun sebagian orang malas atau bahkan tidak ingin melakukan sesuatu yang menguntungkan tersebut .

Gambar didapat dari Sini gan

Alasannya mungkin karena telah memiliki pekerjaan yang menurut mereka sudah lebih dari cukup untuk menghidupi kesehariannya . Akibatnya banyak yang tidak tahu harus berbuat apa atau bahkan menyerah ketika telah kehilangan pekerjaan .


  • Apa penyebabnya 
Penyebabnya tentu saja bisa datang dari berbagai faktor , ada yang memang tidak mau mencari pekerjaan lain ataupun sudah mencari tetapi tetap gagal tidak menemukan pekerjaan seperti pekerjaan mereka dulu .

Berikut ialah beberapa penyebab seorang karyawan kehilangan pekerjaannya :

Malas

Tidak bisa dipungkiri bahwa sikap malas ialah faktor utama penyebab seorang karyawan kehilangan pekerjaan mereka , selain dari diri sendiri sikap malas juga bisa berasal dari lingkungan baik itu lingkungan kerja , sosial atau bahkan dari lingkungan keluarga sekalipun .

Jika sikap malas ini dibiarkan terus menerus berada dalam diri hasilnya tentu saja akan berakibat buruk bagi kelangsungan hidup anda nantinya , karena bukan hanya pekerjaan saja yang terancam akan pergi namun juga anda akan kehilangan orang yang di sayangi karena dalam dunia ini tidak ada seorangpun yang ingin hidup dengan orang malas .

Oleh karena itu walaupun dirasa cukup sulit cobalah sedikit demi sedikit untuk menghilangkan sikap malas tersebut demi kebaikan diri sendiri juga demi orang lain .

Baca juga
Tahapan budidaya ikan lele lengkap dari bibit sampai panen

Tidak memiliki motivasi / tujuan 

Sama halnya dengan sikap pemalas , motivasi merupakan salah satu faktor utama sukses atau tidaknya seseorang dalam menjalani usaha ataupun pekerjaan yang dimiliki .

Apa lagi dalam dunia bisnis , jika hanya terpaku pada suatu keadaan dimana telah dirasa sudah mencukupi maka alhasil usaha yang dimiliki tidak akan pernah berkembang atau jika anda seorang karyawan maka anda akan terus berada dalam posisi bawah tanpa adanya kenaikan jabatan .

Solusinya ialah jangan hanya terpaku pada suatu keadaan karena itu hanya akan menjadi penghambat bagi kesuksesan anda kelak , ketika satu tujuan telah tercapai sebaiknya buatlah tujuan baru dengan target yang lebih tinggi untuk momotivasi diri sendiri agar bisa terus berkembang .


Jenuh

Sesuatu ketika dilakukan setiap hari dan terus berulang tentu saja akan menimbulkan perasaan jenuh atau bosan begitu pula dengan bekerja , banyak diantara karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaan hanya karena hal sepele satu ini .

Sebenarnya tidak salah jika mengundurkan diri dari pekerjaan dikarenakan bosan / jenuh , namun alangkah baiknya jika sebelum resign dari tempat kerja anda telah menemukan pekerjaan lain atau hanya akan jadi pengangguran konyol .

11 contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar

Jika memang berniat untuk mengundurkan diri mungkin sebaiknya anda membuka salah satu ide usaha sampingan modal kecil untung besar dibawah ini .

Sebelum beralih ke topik utama , ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membuka usaha sampingan modal kecil untung besar yaitu :


  • Mengapa harus membuka usaha sampingan ?
Untuk menjawab pertanyaan satu ini mungkin akan sulit karena setiap orang memiliki pandangan berbeda beda tentang usaha sampingan .

Sebenarnya sangatlah kecil kemungkinan untuk menuai kegagalan dalam usaha sampingan tidak seperti usaha yang dijadikan prioritas utama lainnya , dikarenakan usaha ini hanyalah sebatas aktivitas tambahan dikala ada waktu luang .

Dan walaupun mengalami kegagalan , depresi yang dialami tidak akan terlalu berpengaruh seperti kehilangan pekerjaan atau kehilangan sesuatu yang berharga lainnya , berikut merupakan beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuka usaha sampingan modal kecil untung besar yaitu :

Masih banyak peluang

Tidak perlu khawatir kehabisan ide ketika akan membuka usaha sampingan karena tiap harinya selaly tercipta ide ide usaha baru dari orang yang memiliki kreativitas tinggi , atau jika anda cukup terampil anda juga bisa menemukan ide usaha unik yang mungkin belum pernah ada sebelumnya .

Walaupun hanya sebatas usaha sampingan pastikan bahwa usaha yang akan dibuka nantinya memiliki banyak peminat , hal ini dilakukan supaya dapat memperkecil kemungkinan akan terjadinya kegagalan / bangkrut dikemudian hari .

Pastikan juga bahwa anda telah mempertimbangkan besar kecilnya kompetisi yang akan dihadapi , semakin kecil persaingan semakin kecil pula kemungkinan untuk menuai kegagalan , sebenarnya dengan memiliki banyak pesaing itu artinya usaha yang anda buka memiliki banyak peminatnya namun untuk tetap bertahan diposisi atas ketika ada banyak persaingan sangatlah sulit , apa lagi jika usaha yang dibuka hanya sebagai usaha sampingan .


Berawal dari ide dan kreativitas

Sebagian besar perusahaan besar yang kita ketahui sekarang bermula dari hobi dan kreativitas sang pemilik contoh mudahnya ialah facebook , sebelum menjadi seperti sekarang ini facebook hanyalah sebuah jejaring social yang hanya mencakup kawasan kampus harvard saja .

Untuk menjadi seperti facebook yang sekarang ini keringat dan usaha yang dicurahkan mark tentu tidak sedikit , mark zuckerberg sebagai pemilik sekaligus pendiri dari facebook tentu saja berjuang dengan sangat keras hingga facebook bisa menjadi seperti sekarang ini .


Persiapan dikala sudah pensiun

Memiliki rencana untuk pensiun sangatlah penting apalagi jika dirasa sudah tidak mampu unyuk melakukan pekerjaan seperti biasa ataupun dikala masa tua memang diwajibkan untuk pensiun .

 Namun alangkah baiknya jika sebelum memutuskan untuk benar benar pensiun dari pekerjaan anda sudah memiliki perencanaan matang tentang apa yang harus dilakukan saat masa pensiun nanti .

Mungkin dengan memiliki usaha sampingan ketika masih berstatus sebagai karyawan akan dapat meringankan beban ketika sudah pendiun nanti , karena anda masih dapat untuk melanjutkan usaha sampingan ini .

Ataupun jika memang dirasa usaha sampingan yang dijalankan mampu bersaing dengan kompetitor lain tidak ada salahnya jika anda berniat untuk menjadikan usaha sampingan ini sebagai usaha utama yang ditekuni dengan serius .

Jenis investasi beserta keuntungan dan kerugiannya

  • Ide usaha sampingan modal kecil untung besar 
Walaupun pintu rezeki sudah diatur bahkan ketika baru lahir namun semua orang masih tetap harus berusaha untuk mendapatkannya . Meskipun begitu banyak diantara orang yang masih menganggap bahwa penghasilan mereka tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan .

Oleh karena itu banyak diantara mereka yang memilih untuk membuka usaha sampingan demi memenuhi gaya hidup araupun hanya sekedar untuk mengisi waktu luang .

Berikut ialah beberapa ide usaha sampingan modal kecil untung besar yang dapat anda jalankan untuk menambah penghasilan : 

Usaha rumahan modal kecil untung besar

1. Les Privat 

Usaha les privat sendiri banyak ditawarkan oleh guru honorer ataupun mahasiswa yang memiliki waktu luang lebih dan biasanya mereka menawarkan jasa les privat ini pada rentang waktu sore hari , kenapa sore hari ? Tentu saja karena pada waktu pagi dan siangnya mereka sibuk dengan urusannya masing masing sedangkan malam ialah waktu yang cocok untuk beristirahat .

Selain mata pelajaran sekolah biasanya pelajaran bahasa asing ataupun les musik seperti violin , vocal , piano dan sebagainya lah yang paling populer dan dicari oleh tetangga sekitar ataupun orang yang ingin belajar .

Untuk mengawalinya anda bisa memulai usaha ini dengan memberi tahu tetangga sekitar araupun jika memang ingin serius anda bisa mendatangi sekolah sekolah untuk memintanya mempromosikan bahwa ada les pelajaran tambahan yang anda rawarkan dan bisa diikuti oleh murid murid disana .


2. Fotografer lepas

Mungkin hanya sedikit orang yang membutuhkan jasa fotografer lepas seperti ini , karena sekarang ini orang irang lebih suka ber selfie ria lalu meng uploadnya ke media social daripada harus mengeluarkan uang hanya untuk selembar kertas foto .

Namun tetap saja usaha satu ini layak untuk dicoba , pasalnya jika usaha fotografer lepas ini sukses anda bisa menjadi fotografer profesional yang tentunya memiliki bayaran lebih untuk tiap sesi pemotretannya .

Anda bisa memulai usaha ini dengan berkeliling taman atau menyediakan jasa fotografer anda ketika ada acara tertentu seperti hajatan , kawinan dan lain sebagainya .

Usaha fotografer lepas ini membutuhkan modal awal yang relatif kecil yaitu hanya berupa perlengkapan kamera profesional , akan tetapi dalam menjalani usaha satu ini anda harus terlebih dahulu memiliki skill fotografer yang memadai .

Karena jika hasil foto yang anda hasilkan biasa saja untuk apa orang menyewa jasa fotografer dari anda , akan lebih baik jika mereka menyewa jasa fotografer lain atau bahkan menyewa jasa event organizer yang tentunya lebih profesional .


3. Laundry Kiloan

Setiap hari tentunya anda memakai baju bukan ? Karena tidak mungkin menjalankan aktivitas sehari hari tanpa memakai baju apalagi jika aktivitas keseharian yang anda lakukan selalu berhubungan dengan orang lain .

Tiap helai baju yang dipakai tersebut tentunya akan dicuci agar tidak menimbulkan bau dan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada baju , karena itulah usaha laundry ini cukup berpotensi.

Untuk memulai usaha ini bisa diawali dengan mempromosikannya kepada tetangga sekitar dan jika usaha laundry yang akan dibuka ini memiliki lokasi dekat dengan kampus ataupun tempat  kos kosan , usaha ini akan jauh lebih berpotensi lagi karena kebanyakan anak kampus / kos lebih memilih untuk mencuci baju mereka di tempat laundry dari pada harus repot repot mencucinya sendiri .

Selain itu harga yang ditawarkan para pemilik usaha laundry inu juga cukup murah untuk ukuran mahasiswa .

Dalam menjalankan usaha laundry ini anda bisa memilih untuk mencucinya menggunakan tangan ataupun menggunakan mesin cuci yang banyak dijual dipasaran . 
Namun jika dirasa usaha laundry ini banyak peminatnya maka akan lebih baik jika anda membeli beberapa mesin cuci daripada harus menggunakan tangan agar lebih cepat juga lebih efisien .


4. Penulis Lepas

Dijaman yang serba modern ini profesi penulis sangatlah membludak entah itu wartawan ataupun penulis lepas lain , anda juga tidak harus tercatat sebagai karyawan disuatu perusahaan untuk menjalani profesi sebagai penulis lepas .

Untuk kalangan blogger pemula biasanya mereka mematok harga pasa kisaran Rp.3000 sampai Rp.10.000 per 500 kata tergantung dari niche artikelnya , semakin berpotensi untuk menjadi populer pada suatu artikel maka harganya pun akan semakin tinggi pula .

Anda juga bisa memilih untuk menjual karya anda di berbagai media berita yang ada , biasanya mereka berani membayar mahal untuk artikel yang mereka pilih masuk sebagai topik utama pada koran ataupun media berita online .

Jika memang ada niatan untuk menjadi penulis sebaiknya mulailah dari sekarang , anda bisa belajar mulai daru membaca buku ataupun dengan mencari artikel di internet untuk menambah pengetahuan . Karena menjadi penulis bukan hanya sekedar menulis sesuatu untuk dibaca saja akan tetapi diperlukan juga pengetahuan lebih agar tulisan yang dibuat mudah untuk dipahami serta bermanfaat bagi pembaca nantinya .

5 langkah tepat untuk memulai usaha agar sukses


5. Pengetikan 

Punya komputer + printer nganggur ? Daripada hanya dibiarkan berdebu dirumah sebaiknya cobalah usaha satu ini . Usaha pengetikan sangatlah menguntungkan apalagi jika lokasinya dekat dengan wilayah kampus ataupun sekolah .

Biasanya para mahasiswa atau anak sekolahan akan mendapatkan tugas mengetik dari dosen / guru mereka , dan bisanya juga mereka malas untuk mengetik tugas itu sendiri mereka akan lebih cenderung menyerahkan tugas pengetikan itu kepada seorang yang menyediakan jasa pengetikan .

Inilah kesempatan anda untuk memanfaatkan situasi tersebut dengan membuka usaha pengetikan , dalam hal biaya mereka biasanya mematok harga berdasarkan jumlah kata ataupun jumlah halaman yang akan diketik . Semakin banyak jumlah kata / halaman yang akan diketik maka biayanya pun akan semakin mahal .

Namun alangkah baiknya jika biayanya jangan terlalu tinggi karena tujuan utama usaha pengetikan ini ialah para anak sekolah yang tentunya dibatasi dengan uang jajan mereka .


6. Jual pulsa elektrik

Hampir setiap orang memiliki hanpdhone untuk melakukan komunikasi kepada satu sama lain , untuk memaksimalkan penggunaan handphone tersebut diperlukan simcard yang tentu didalamnya harus ada pulsa .

Selain berjualan pulsa biasanya token ini juga bisa digunakan untuk berjualan pembayaran listrik jadi bisa 2 in 1 istilahnya . Modal yang diperlukan untuk memulai usaha pulsa elektrik ini juga relatif sedikit dari Rp 50.000 sampai berapapun yang ada dalam dompet anda bisa digunakan sebagai modal berjualan pulsa .

Awalnya mulailah dari keluarga ataupun teman anda lalu jika dirasa usaha pulsa yang anda geluti sudah banyak peminatnya anda juga bisa membuka sebuah counter sebagai pendukung . Counter juga bisa digunakan sebagai tempat service handphone atau alat elektronik lain .


7. Blogger

Inilah usaha sampingan yang sedang saya jalankan , menjadi blogger sendiri tidak semudah yang dibayangkan karena selain ketrampilan menulis anda juga harus pandai dalam mengatur interface blog agar seduai dengan yang pengunjung inginkan .

Awalnya memang sulit untuk dijalankan akan tetapi jika sudah terbiasa maka semua aka berjalan dengan sendirinya , untuk mendapatkan uang dari blogger sendiri sebenarnya susah susah senang ada yang memilih untuk berjualan produk atau ada juga yang memasang iklan pada blognya .

Salah satu jenis Iklan yang paling populer dikalangan blogger ialah google adsense , namun untuk menjadi publisher dari google adsense senriri tidaklah mudah pasalnya google memberi persyaratan khusus untuk mendaftar antara lain :

Konten berkualitas , artinya konten yang tersedia dalam blog kita haruslah informatif serta menarik minat pembaca dan tentu saja jangan sampai konten tersebut hasil dari copy paste , karena cepat atau lambat perbuatan tidak terhormat tersebut akan ketahuan dan jika ketahuan oleh pemilik original dari artikel tersebur anda juga bisa dipidanakan karena mungkin konten tersebut ada hak ciptanya .

Kelengkapan blog , kelengkapan yang dimaksud disini ialah adanya menu navigasi lengkap seperti widget profil , search box , label / kategory , arsip blog , popular post , recent post dan beberapa widget pendukung lainnya .

○ konten di dalam blog tidak berupa pornografi ataupun sara yang dapat memicu perkelahian antar umat / bangsa .

Pengunjung , tentu saja jika ingin mendapati klick pada iklan adsense pertama yang harus ada terlebih dahulu ialah pengunjung / visitor . Karena tidak mungkin untuk meng click iklan anda sendiri , hal itu termasuk pelanggaran dan cepat atau lambat aku adsense akan diblokir atau di nonaktifkan .

Namun ketika sudah memiliki banyak konten berkualitas niscahnya visitor / pengunjung akan berdatangan sendiri ke blog agan agan , kunci untuk menjadi blogger ialah sabar , cermat serta buatlah konten semenarik mungkin yang sekiranya akan banyak dicari orang .
Kerajinan tangan unik yang bisa dijual

8. Ojek / Supir taksi online 

Sekarang sudah jaman modern dimana hampir semua orang telah pandaj dalam menggunakan internet , bahkan sekarangpun sedah banyak jenis transportasi online seperti ojek online ataupun taksi online .

Banyak pihak telah menawarkan jasa transportasi online sebagai contohnya ialah gojek dan grab ,kedua perusahaan tersebut ialah contoh sukses usaha dibidang transportasi online . 

Dalam menjalankan usaha transportasi online ini anda tidak perlu mangkal di pangkalan , cukup dengan tiduran dirumah jika brruntung maka pembeli akan menghubungi anda dengan sendiri.

Untuk pemesanannya pun cukup mudah anda tinggal mendownload aplikasinya di google play store / appstore , setelah itu anda terus langsung bisa melakukan pemesanan .


9. Reseller online shop

Masih berkaitan dengan dunia maya dimana semua orang dapat dengan bebas mencari apa yang diinginkan termasuk dalam hal berbelanja , iya dengan menjadi reseller online shop atau bahkan dengan membuka usaha online shop sendiri itu artinya anda sudah selangkah didepan mereka yang masih mengandalkan promosi dari mulut kemulut .

Pasalnya dengan membuka usaha online shop anda akan jadi lebih mudah dalam hal berpromosi , karena jangkauannya lebih luas jadi dengan melakukan promosi di media online maka calon pembeli akan lebih banyak daripada mereka yang melakukan promosi hanya dari mulut ke mulut .

Usaha kan juga barang yang akan dijual memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan barang di toko sebelah , paparkan kelebihan itu pada saat melakukan promosi maka calon pembeli akan lebih tertarik untuk membeli barang dagangan anda nantinya .

Jangan lupa tentang harga , karena selain kualitas suatu produk hal lain yang akan menjadi pertimbangan calon pembeli sebelum melakukan pembelian ialah soal harga , untuk apa membeli barang yang sudah jelas memiliki harga lebih mahal sedangkan di toko sebelah ada barang dengan kualitas tidak jauh berbeda tetapi dengan harga yang jauh lebih murah .


10. Vlogger / Youtuber

Usaha satu ini identik dengan blogger hanya saja jika blogger membuat suatu karya berupa tulisan sedangkan untuk vlogger sendiri menciptakan sebuah karya berupa video .

Pertama yang harus dilakukan sebelum memulai meng upload video ialah menentukan tema , anda bisa dengan bebas memilih akan fokus pada tema makanan , anime , review hp , automotif atau untuk lebih mudahnya mungkin anda bisa memulai dengan mengupload video berdasarkan apa  yang anda sukai , mungkin seperti hobi atau sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas keseharian anda .

Menjadi vlogger sendiri lumayan menguntungkan , cukup bermodalkan sebuah alat perekam dan sedikit skill editing video anda sudah bisa memperoleh penghasilan sekitar 7 juta untuk setiap video yang ditonton 1 juta orang .

Bagaimana ? Tertarik untuk menjadi vlogger ? Mulailah dari sekarang , anda bisa mulai memproduksi video pada saat ada waktu luang dan jangan terlalu panjang cukup 3 sampai 30 menit saja untuk setiap video .


11. Menjual foto di internet 

Senang memotret ? Hasil gambarnya lumayan bagus ? Jual saja di ibternet . Banyak situs yang bersedia membayar mahal untuk setiap karya fotografi yang mereka anggap menarik dan memiliki nilai seni , sebagai contohnya ialah situs istockphoto.com dan shutterstock.com .

Untuk pembayaran berskala global biasanya memakai paypal , jadi sebelum menjual hasil foto sebaiknya anda harus memiliki akun paypal terlebih dahulu dan jangan lupa buat juga kartu kredit untuk menyimpan hasil dari jualan foto nantinya .


Ide usaha sampingan modal kecil untung besar 

Setiap usaha / bisnis tentu memiliki resiko bangkrut didalamnya , karena itulah sebelum memulai salah satu dari usaha sampingan mosal kecil untung besar diataa sebaiknya anda perlu membuat tindakan antisipaai terlebih dahulu .

  • Mengapa ada kegagalan dalam usaha sampingan ? 
Walaupun hanya sebatas usaha sampingan akan tetapi yang namanya usaha tetaplah memiliki resiko bangkrut / gagal didalamnya . Sebenarnya resiko gagal dalam usaha sampingan sama besarnya dengan usaha yang di tekuni dengan serius / usaha utama pada umumnya .
7 kriteria dalam memilih pekerjaan yang tepat

Berikut ialah beberapa faktor yang cukup berpengaruh dalam gagalnya sebuah usaha sampingan :

Pola pikir yang salah 

Inilah faktor utama penyebab kegagalan pada sebuah usaha sampingan pada umumnya . Mengapa bisa begitu ?

Banyak orang beranggapan bahwa dengan menjual produknya dengan harga mahal maka keuntungan yang didapat juga akan semakin besar , inilah pola pikir yang harus dihindari jika ingin usaha sampingan nya berlangsung lama bahkan sampai tua nanti .

Mereka tidak berpikir tentang kenyamanan pembeli dan kualitas barang dagangannya , padahal jika ingin usaha nya banyak dikenal orang faktor utamanya ialah kenyamanan pembeli itu sendiri .

Bahkan jika hanya ada 1 orang saja yang merasa puas dengan produk anda maka tentu ia akan dengan senang hati membicarakan tentang kelebihan dari produk anda kepada calon pembeli lain , hal ini tentu akan menambah nilai positif bagi produk anda nantinya .


Perencanaan yang kurang matang 

Sekecil apapun usaha yang dijalankan tentu harus direncanakan secara serius terlebih dahulu sebelum memulainya , termasuk usaha sampingan karena jika usaha sampingan tersebut gagal maka anda srndiri yang akan susah dan mungkin mengalami depresi .

Dalam membuat perencanaannya sendiri sebenarnya cukup mudah tidak perlu bertele tele , antara lain dengan membuat visi misi , daftar kontak network dan sebagainya .

Perencanaan yang dilakukan secara matang akan memudahkan anda nantinya ketika usaha yang dijalankan telah berjalan karena semua telah tersedia dan tidak perlu mengulangi untuk membuat perencanaan lain .


Salah dalam menentukan prioritas

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan menjadikan sesuatu sebagai prioritas utama maka sesuatu tersebut akan lebih mudah dijalani .

Walaupun namanya usaha sampingan namun tetap saja usaha ini tidak boleh dikesampingkan , karena apabila dilakukan dengan tepat usaha ini akan mengahasilkan lebih dari apa yang anda bayangkan.

Banyak kegagalan dalam usaha sampingan ini disebabkan oleh ambisi ingin cepat sukses dan memperoleh kekayaan , akibatnya mereka lupa bahwa usaha ini hanyalah sebatas usaha sampingan dan menjadikannya sebagai prioritas utama dan juga mereka terkadang lupa bahwa mereka masih berstatus sebagai karyawan suatu perusahaan .

Akibatnya mereka jadi lupa diri dan kehilangan fokus terhadap apa yang mereka lakukan dan menjadikannya kurang maksimal dalam hal pengerjaannya .

Akan lebih baik jika tidak terlalu memaksakan diri dan tidak terpaku terhadap usaha sampingan karena itu hanyalah sebatas aktivitas tambahan dikala ada waktu luang .
Investasi menjanjukan dengan modal kecil

Lokasi usaha yang tidak strategis

Lokasi tentu menjadi salah satu faktor penentu berhasil atau tidak nya sebuah usaha , sepopuler apapun suatu produk apabila sulit didapatkan karena lokasinya yang tidak memadai maka akan sulit juga untuk mempertahankan produk tersebut .

Hal ini tentu bisa diatasi dengan memilih tempat strategis sebelum membuka usaha atau jika sudah terlanjur maka anda dapat mengatasinya dengan cara membuka cabang di tempat lain yang memiliki lokasi lebih strategis untuk dijangkau .




Terimakasih telah berkunjung
Saya harap anda menikmati artikel diatas 
Apabilabada pertanyaan ataupun keluhan yang ingin disampaikan bisa ditulis di kolom komentar .

Terimakasih 

0 komentar