10 cara sukses di usia muda

Usia bukan lagi patokan bagi mereka yang menginginkan kesuksesan , ada yang telah memperoleh kesuksesan saat berada di usia 20an bahkan ada juga yang baru merasakan arti sukses di usia senja .


Sebenarnya pengertian sukses bukanlah dilihat dari seberapa besar kekayaan yang telah diperoleh melainkan pencapaian dari suatu keinginan yang membuat dirinya / orang lain merasa bangga karenanya . 

Gambar didapat dari Sini gan
Oke tanpa banyak basa basi mari kita langsung masuk pada pembahasan utama kali ini yaitu : 10 cara sukses di usia muda


1. Niat

Tentu saja jika menginginkan sesuatu hal menjadi besar bahkan sampai menginjak kesuksesan hal utama yang perlu ada terlebih dahulu ialah niat , mengapa harus niat ?

Jawaban dari pertanyaan diatas sebenarnya cukup sederhana yaitu bagaimana bisa anda menekuni suatu hal yang bahkan anda tidak mempunyai antusias dan niat untuk menjalankannya .


2. Kerja keras

Mau sukses kok malas , mungkin itulah sindiran yang cocok bagi mereka yang selalu mengimpikan kesuksesan tetapi malas atau bahkan tidak mau bekerja dengan keras , tekun dan giat .

Setelah memiliki niat untuk sukses langkah selanjutnya ialah mewujudkan keinginan sukses tersebut dengan cara bekerja keras , namun alangkah baiknya jika tidak terlalu memaksakan diri dalam meraih kesuksesan karena hanya akan merugikan diri sendiri .

Sebaiknya dalam bekerja anda juga harus menyesuaikannya dengan keadaan serta kemampuan yang anda miliki .


3. Konsep yang matang

Memiliki konsep serta perencanaan yang matang sangatlah penting sebelum melakukan suatu hal apalagi jika menginginkan kesuksesan sebagai hasilnya .

Konsep sukses tersebut antara lain :

  • Usaha apa yang akan dijalankan
  • Bagaimana cara memulainya
  • Mengantisipasi kegagalan

Artikel terkait
Tahapan budidaya ikan lele lengkap dari bibit sampai panen

5 langkah tepat untuk memulai usaha agar sukses

Dengan memiliki perencanaan terlebih dahulu anda tidak perlu lagi bingung terhadap apa yang akan dilakukan ketika ada hal baru ataupun masalah dalam usaha anda nantinya akan tetapi ketika tidak membuat perencanaan / konsep yang matang sebelumnya maka besar kemungkinan anda hanya akan mengikuti apa yang orang lain katakan dan tidak mempunyai pendirian tentang apa yang akan dilakukan nantinya .


4. Tidak takut akan kegagalan


Kegagalan tentu akan selalu menghantui siapa saja yang sedang berusaha meraih kesuksesan , namun jika ingin merasakan kesuksesan sebaiknya jangan pernah takut akan gagal .

Walaupun mengalami kegagalan pada awal mulai sebaiknya anda mencobanya kembali dengan mempelajari apa penyebab kegagalan anda sebelumnya dan jika memungkinkan buatlah kegagalan tersebut menjadi sebuah kesuksesan .

Semakin banyak kegagalan yang dilalui untuk mencapai kesuksesan maka akan semakin banyak pula pengalaman / cara untuk mengatasi kegagalan berikutnya .

Buatlah daftar mengenai penyebab dari kegagalan anda sebelumnya , lalu bertanyalah kepada seorang yang lebih ahli di bidang tersebut agar dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kegagalan berikutnya .

Artikel terkait
○ 7 kriteria penting dalam memilih pekerjaan yang tepat

Usaha rumahan dengan modal kecil untung besar


5. Memprioritaskan kebutuhan dengan mengesampingkan keinginan

Sudah selayaknya bagi seseorang yang menginginkan kesuksesan apa lagi di usia muda untuk lebih memprioritaskan kebutuhan daripada harus menuruti keinginan , Ketika anda hanya menuruti keinginan maka berapapun modal yang didapat tentu akan habis tak tersisa .

Sisihkanlah sebagian dari uang yang anda miliki untuk memulai usaha di kemudian hari , mungkin dengan memulainya ketika masih duduk dibangku sekolah yaitu menyisihkan sebagian uang jajan yang diberi oleh orang tua .

Dengan begitu modal untuk membuka usaha juga akan semakin besar , semakin besar modal yang dimiliki itu artinya semakin besar pula usaha yang akan dibuka .

Jadi , mulailah untuk menabung dari sekarang supaya pintu kesuksesan semakin terbuka lebar .


6. Fokus

Dengan fokus pada satu tujuan sukses dan tidak melakukan hal yang tidak penting akan memudahkan anda meraih kesuksesan pada usia muda nantinya .

Tidak perlu untuk melakukan hal hal tidak penting apa lagi sampai menghambur hamburkan uang hanya demi memenuhi keinginan karena hal tersebut hanya akan menghambat pencapaian sukses nantinya .


7. Selalu berpikir kreatif

Hal inilah yang harus selalu ada pada setiap anak muda sekarang atau istilahnya kids jaman now , ide ide kreatif dari mereka yang menginginkan kesuksesan sangatlah penting .

Bagaimana anda bisa memulai suatu usaha atau menciptakan suatu produk baru demi mencapai sukses jika bahkan tak pernah terlintas ide ide kreatif di benak anda .

Suatu produk akan terlihat sangat menarik bagi calon pembeli apabila memiliki kelebihan dan ciri khas tersendiri dibandingkan kompetitor lain , karena itulah anda dituntut untuk selalu berpikir kreatif dan selalu berusaha menemukan ide ide baru demi mencapai kesuksesan .


8. Beranikan diri untuk berinvestasi


Dengan memberanikan diri  melakukan investasi pada waktu masih muda itu artinya anda telah membuka salah satu pintu menuju kesuksesan .

Karena investasi sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak jalan menuju sukses , walaupun terdapat berbagai macam resiko didalamnya akan tetapi banyak yang telah berhasil meraih kesuksesan karena investasi .

Untuk lebih jelasnya mengenai investasi anda bisa membaca salah satu artikel yang telah saya buat sebelumnya mengenai :
○ Jenis investasi beserta keuntungan dan kerugiannya

Investasi menjanjikan dengan modal kecil


9. Pendidikan yang tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan aset penting bagi kelangsungan hidup anda nantinya , semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang tentu saja akan semakin tinggi pula ilmu yang mereka peroleh .

Dengan memilih pendidikan yang tepat akan memudahkan anda ketika akan memulai perjalanan menuju sukses nantinya , jangan pernah malu untuk bertanya pada orang yang lebih ahli mengenai apa yang sedang anda geluti sekarang .

" Malu bertanya sesat dijalan " itulah peribahasa yang paling tepat untuk menggambarkan situasi pada pembahasan no.9 ini , bertanyalah pada mereka yang lebih ahli ketika menemui masalah maka anda akan lebih mudah dalam menyelesaikannya .

Jika perlu ikutilah seminar mengenai usaha usaha atau kiat sukses yang diselenggarakan di sekitar tempat tinggal anda .


10. Berdoa

Sebenarnya poin inilah yang paling penting pada pembahasan mengenai 10 cara sukses di usia muda kali ini , sebagai umat beragama tentu selain berusaha kita juga diwajubkan untuk beribadah dan berdoa supaya kehidupan yang kita jalani kelak lebih bermanfaat dan penuh berkah dariNYA .



Nah , setelah membaca artikel mengenai 10 cara dukses di usia muda diatas mungkin anda sudah memiliki gambaran tentang cara cara apa yang sebaiknya anda terapkan demi mencapai sukses yang sebenarnya dalam hidup nantinya .

Agar lebih memotivasi para pembaca sekalian saya akan menambah satu lagi pembahasan mengenai kisah inspiratif dari pengusaha yang telah sukses di usia muda ,

Oke langsung saja simak dibawah


1 .Hamzah izzulhaq , sukses berbisnis properti 

Dari berjualan kelereng sampai ojek payung pernah dijalani oleh pengusaha muda satu ini demi mencapai kesuksesan seperti sekarang .

Meskipun masih berusia muda akan tetapi ia adalah direktur utama dari Pt Hamasa indonesia Yang telah di bangunnya pada saat masih berusia 19 tahun , selain itu hamzah juga sukses mengembangkan bisnis sofa bermerek pikanto lalu pada akhir tahun ia mulai mengembangkan bisnis propertinya dengan membuka cabang di beberapa kota di jawa barat .

Menurut hamzah sendiri kunci utama untuk memperoleh kesuksesan dalam berbisnis ialah pantang menyerah dan jangan pernah malu terhadap apapun yang kita jalani sekarang , kalau niat awalnya baik hasilnya tentu akan baik pula .


2. Lambertus darian 

Saat menginjak usia 16 tahun biasanya anak muda seperti saya  masih senang senangnya bermain dengan teman sebayanya namun berbeda dengan darian , dengan usia yang masih tergolong sangat muda ia sudah memperoleh penghargaan sebagai Top new sales pada tahun 2010 silam .

Darian juga menjadi dustributor produk jahe merah instant cap cangkir mas , stick jelly food dan juga sebagai pendiri dari komunitas bisnis anak muda .


3. Valentina meiliana

Memulai bisnis pada saat masih duduk di bangku sekolah , pengusaha muda satu ini telah sukses berbisnis di bidang fasion yaitu dengan menjual sepatu .

Hebatnya lagi dia mempelajari cara cara berbisnis dan mendesain sepatu karyanya secara otodidak , valentina juga harus mengorbankan pendidikannya disekolah dan memilih untuk melakukannya melalui home schooling agar dapat fokus pada bisnis sepatunya .


Sekian dulu mengenai 10 cara sukses di usia muda , inti dari pembahasan kali ini adalah :

○ berpikir kreatif
○ jeli melihat peluang
○ berpikir tentang masa depan
○ dan pantang merah





Terimakasih telah berkunjung Saya harap anda menikmati artikel diatas Jika ada pertanyaan ataupun keluhan yang ingin disampaikan bisa di tulis melalui kolom komentar . Terimakasih

0 komentar